Thursday 8 February 2018

INFRASTRUKTUR KABUPATEN OKUTIMUR BIDANG TELEKOMUNIKASI, LISTRIK DAN SARANA AIR BERSIH




Telekomunikasi
Pengembangan jaringan telekomunikasi di Kabupaten OKU Timur diarahkan sesuai dengan konsep pengembangannya untuk masa yang akan datang. Peranan dan fungsi telekomunikasi ke depan sangat dibutuhkan dalam rangka menunjang proses kegiatan perkotaan di kabupaten ini selain berfungsi untuk sarana komunikasi antara masyarakat sehingga dapat meningkatkan aktifitas kegiatan sehari-hari. Jaringan komunikasi saat ini sangat berperan penting dalam aspek kehidupan masyarakat baik dalam kehidupan sosial, ekonomi, jasa dan pemerintahan. Arahan pengembangan telekomunikasi akan diutamakan pada pusat-pusat perkotaan yang berfungsi sebagai pusat pelayanan skala nasional, provinsi dan kabupaten, dimana antar pusat pelayanan tersebut akan terkoneksi dengan baik sehingga dapat membantu fungsinya masing-masing. Adapun rencana pengembangan sistem jaringan telekomunikasi di Kabupaten OKU Timur meliputi :
Sistem Jaringan Telekomunikasi Telepon Kabel
Rencana pengembangan infrastruktur  telekomunikasi berupa sistem jaringan kabel telepon  diarahkan menjangkau seluruh ibukota kecamatan dan desa, sementara prioritas pengembangan dilakukan secara bertahap dan ekonomis dengan pengembangan di pusat pusat pelayanan (PKWp, PKL, dan PKLp), untuk merencanakan sistem telekomunikasi dibutuhkan perhitungan perkiraan kebutuhan diakhir tahun perencanaan dalam hal ini tahun 2031.

Listrik
Sektor Ketenagalistrikan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dipasok dari PLN Cabang Lahat. Jumlah konsumsi listrik PLN Ranting Martapura masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur tahun 2012 sebesar 80,1 juta KWH, dengan jumlah konsumen rumah tangga sebanyak 45,2 ribu. Konsumen PLN yang terbesar berasal dari golongan R1-900VA dengan 26,4 ribu pelanggan dengan konsumsi listrik sebesar 23,7 juta KWH, disusul golongan R1-450VA, dengan 16,0 ribu pelanggan dan konsumsi listrik sebesar 7,2 juta KWH. Menurut jenis konsumen, konsumsi energi listrik oleh rumahtangga merupakan yang terbesar (mencapai 34,5 juta KWH), sementara konsumsi industry hanya sebesar 2,2 juta KWH. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa industri yang ada belum berkembang yang ditandai dengan masih rendahnya konsumsi listrik.

Sarana Air Bersih
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertanggung jawab menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jumlah pelanggan PDAM di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sampai akhir tahun 2012 sebanyak 2.695 pelanggan, yang terdiri dari rumah tangga 2.587 pelanggan, bisnis 79 pelanggan dan sosial 29 pelanggan. Produksi air bersih pada akhir tahun 2012 sebesar 997,5 ribu m3 dan volume yang disalurkan ke konsumen sebesar 960,5 ribu m3, dengan nilai penjualan sebesar Rp 1,95 miliar.
 Tampak bahwa jangkauan layanan PDAM Ogan Komering Ulu Timur masih terbatas di wilayah perkotaan, yaitu hanya meliputi kawasan Kota Martapura, Cempaka dan Kota Gumawang. Untuk itu diperlukan investasi yang lebih besar untuk memperbesar kapasitas produksi PDAM agar semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses air bersih dari PDAM. Dengan demikian, derajat kesehatan masyarakat dapat lebih ditingkatkan melalui konsumsi air minum yang lebih bersih dan sehat.

No comments:

Post a Comment