Thursday 8 February 2018

KESEHATAN DI KABUPATEN OKU TIMUR



Kesehatan
Ketersediaan sarana kesehatan berupa rumah sakit, Puskesmas dan sarana kesehatan lainnya merupakan hal yang mutlak guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Disamping sarana fisik berupa bangunan dan prasarana lain, tentu saja dukungan sumber daya manusia di bidang kesehatan yang berkualitas dan dalam jumlah yang memadai menjadi faktor kunci bagi upaya penyehatan masyarakat.
Secara umum, pelayanan kesehatan masyarakat diarahkan kepada :
a. Pelayanan kesehatan penduduk
b. Pelayanan kesehatan terhadap tenaga produktif
c. Usaha preventif kesehatan dan sebagainya
Upaya yang dilakukan pemerintah dalam pelayanan kesehatan meliputi pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat dan diupayakan agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, utamanya masyarakat pedesaan dengan golongan ekonomi lemah sehingga diharapkan mereka dapat pula menikmati pelayanan kesehatan yang jauh lebih baik.
Prasarana dan sarana kesehatan di wilayah Kabupaten OKU TIMUR dalam menunjang peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat pada tahun 2013 adalah meliputi Rumah Sakit, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Balai Pengobatan, Rumah Bersalin dan Apotik. Rumah Sakit Pemerintah di Kabupaten OKU TIMUR ada 2 unit, Rumah Sakit swasta ada 2 unit. Puskesmas relatif sudah dijumpai di setiap kecamatan-kecamatan dengan jumlah keseluruhan 22 unit. Puskesmas Pembantu juga terdapat di wilayah Kecamatan berjumlah 59 unit.


Tenaga Kesehatan
Jumlah
Dokter Umum
54
Dokter Spesialis
6
Dokter Gigi
3
Bidan
209
Perawat Gigi
25
Perawat Umum
329
Tukang Gigi
Bidan Desa
235
Jumlah
861
 

No comments:

Post a Comment